Jika Anda berpikir untuk mengembangkan aplikasi atau Anda sudah memilikinya dan Anda akhirnya ingin merilisnya di Google Play Store, kami ingin memberi tahu Anda tentang beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum meluncurkan aplikasi Android.
Salah satu hal yang biasanya terlupakan tentang pengembangan aplikasi adalah bahwa kita perlu mempertimbangkan tugas-tugas tertentu, yang juga diperlukan untuk mengumumkan dan meluncurkan produk dengan benar di Google Play Store.
Pada awalnya, kita bisa berpikir tugas-tugas ini terpisah dari proses pengembangan itu sendiri, namun, mereka sama pentingnya untuk memastikan semuanya akan dilakukan sesuai dengan kebijakan Google dan untuk mencapai keberhasilan terbaik saat meluncurkan aplikasi.
5 hal yang perlu Anda ketahui sebelum meluncurkan aplikasi Android
Berikut ini dapat memberi Anda gambaran tentang aspek-aspek yang perlu Anda ketahui sebelum merilis aplikasi di Play Store.
1. Tinjau Daftar Periksa Peluncuran Android
Android selalu berupaya memberi pengembang semua informasi yang mereka perlukan untuk membuat aplikasi dengan benar.
Ada Checklist Peluncuran resmi di situs web pengembang Android. Checklist ini adalah panduan yang berguna dan lengkap yang mengumpulkan proses dan peraturan yang harus Anda ikuti untuk merilis aplikasi Anda di Google Play Store.
Mulai dari kebijakan program dan pedoman kualitas untuk menjalankan pengujian dan praktik yang baik untuk menumbuhkan pemirsa Anda, checklist ini menyediakan tugas yang harus Anda periksa untuk membuat peluncuran terbaik untuk aplikasi Anda.
2. Buat Rencana Pemasaran
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana audiens Anda akan mengetahui tentang aplikasi Anda setelah Anda meluncurkannya? Bahkan jika Anda telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dengannya, penting untuk membuat rencana pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kesuksesan aplikasi Anda.
Strategi Pemasaran melampaui Play Store, dibutuhkan banyak penelitian tentang pasar yang Anda ikuti, seberapa banyak Anda dapat memanfaatkannya, dan strategi apa yang akan Anda jalankan untuk mempromosikan aplikasi Anda.
Pada dasarnya, Anda harus bekerja pada rencana yang mendefinisikan keunggulan kompetitif Anda, kelompok sasaran, sasaran realistis dan terukur, anggaran Anda, dan taktik yang mencakup cara mempromosikan aplikasi Anda.
3. Bawa aplikasi Anda ke tingkat tertinggi
Sebelum mempublikasikan aplikasi Anda, Anda perlu mencari informasi kunci yang harus Anda tulis pada daftar Google Play, serta grafik yang menunjukkan cara kerja aplikasi.
Kesan pertama selalu penting, menciptakan ikon yang atraktif sangat penting karena itulah yang dilihat pengguna pertama kali. Tangkapan layar dan video singkat akan membantu pengguna untuk memiliki gagasan tentang bagaimana aplikasi bekerja; deskripsi Anda harus memberi tahu mereka bagaimana aplikasi Anda memecahkan kebutuhan mereka.
Tips lainnya adalah membuat daftar Google Play store yang menarik untuk mendorong lebih banyak installasi.
4. Pikirkan World Wide
Ketika Anda merencanakan strategi peluncuran, ingatlah bahwa Anda menjual di pasar dunia, yang berarti Anda perlu mempertimbangkan bahasa, rating konten, dan peliputan berbagai platform.
Luangkan waktu Anda untuk meninjau Checklist Pelokalan yang disediakan oleh Android, ini akan membantu Anda mengidentifikasi negara-negara di mana Anda memiliki kesempatan untuk menonjol, bahasa yang Anda butuhkan untuk menerjemahkan produk Anda, serta proses yang perlu Anda ikuti untuk membuat konfigurasinya.
Pikirkan untuk merilis aplikasi Anda dalam berbagai platform untuk menjangkau lebih banyak pengguna, dan mengidentifikasi harga aplikasi Anda bergantung pada negara (mata uang dan pajak). Terakhir, jangan lupa untuk mengisi kuesioner rating konten karena aplikasi yang tidak terkait dapat dihapus dari Google Play.
5. Mendukung Pengguna setelah peluncuran
Sebelum peluncuran aplikasi Anda, Anda harus sudah memiliki rencana tentang bagaimana hal ini akan merespons mereka. Sudahkah Anda membuat saluran kontak Anda? Akankah seseorang bertanggung jawab mengurus ini?
Kemungkinan besar, pengguna akan memiliki beberapa pertanyaan atau komentar tentang aplikasi Anda melalui email kontak, Play Store atau akun media sosial apa pun yang Anda buat untuk tujuan ini.
Pastikan untuk memberikan perhatian yang layak kepada pengguna Anda, karena mereka adalah bagian terpenting dari setiap proyek.
Kami menyarankan Anda untuk membaca Kebijakan Play Store Android bahkan sebelum mulai mengembangkan dan memodifikasi, jika perlu, selama proses tersebut. Juga, bekerja secara paralel strategi peluncuran untuk menjadi lebih produktif dan memenuhi tenggat waktu Anda.